Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Dedai
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang singnifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SMP Negeri 4 Dedai Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian regresi. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas dan terikat yaitu minat belajar dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar angket, dokumen. Hasil penelitian 1) Minat belajar siswa tergolong baik, dengan jumlah hasil rata-rata angket sebesar 77,35; 2) hasil belajar siswa tergolong baik, dengan nilai rata-rata 78,40; 3) Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji regresi sederhana, diperoleh hasil Fhitung lebih kecil dari Ftabel atau 0,1245<4,10 maka Ha tolak dan H0 terima. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas IX SMP Negeri 4 Dedai tahun pelajaran 2016/2017