Potret Pola Penyusunan Remunerasi Pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten/ Kota Di Sumatera Barat

Main Article Content

Halkadri Fitra
Henri Agustin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pola penyusunan remunerasi pada rumah sakit umum daerah kota/ kabupaten di Provinsi Sumatera Barat yang sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah. Jenis penelitian ini adalah bersifat deskriptif  dengan metode pengumpulan data secara dokumentatif melalui survey dan kajian literature  serta penelurusan di media online. Hasil penelitian menunjukan bahwa badan layanan umum daerah rumah sakit umum daerah  yang sudah menerapkan system remunerasi mengacu pada peraturan yang diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan serta telah memperhatikan prinsip – prinsip dalam remunerasi yaitu individual equity, internal equity dan external equity termasuk ukuran kinerja yang  meliputi produktivitas, kualitas, ketepatan waktu, cycle time, pemanfaatan sumber daya, dan biaya. Untuk itu disarankan kepada rumah sakit yang belum menerapkan system remunerasi supaya dapat menerapkankannya dalam rangka meningkatkan kinerja dan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.