Return Saham Perusahaan Pertambangan Dan Faktor Penentunya

Main Article Content

Erni Masdupi
Abel Tasman
Joni Saputra

Abstract

Perusahaan pertambangan merupakan salah satu perusahaan yang diminati oleh investor dalam berinvestasi. Investor mengharapkan dapat memperoleh return yang bagus atas saham perusahaan yang mereka beli. Untuk itu investor perlu mengetahui tentang faktor-faktor apa saja yang menentukan return saham perusahaan pertambangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur keuangan, kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba, dan nilai pasar; terhadap reurn saham perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesi (BEI) dalam periodde 2012-2015.


 


Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI dalam periode 2012-2015 dan sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 120 perusahaan-tahun pengamatan. Data penelitian merupakan data sekunder yang diambil dari Indonesian Capital Market Directory. Penelitian ini menggunakan regresi berganda sebagai alat analisisnya.


 


Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya nilai pasar yang menentukan return saham perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI selama periode 2012-2015. Sedangan struktur keuangan yang menjelaskan seberapa besar hutang perusahaan dibandingkan dengan modal sendiri, tidak berdampak pada return saham perusahaan tambang. Demikian juga dengan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba yang dilihat dari data hsitoris laporan keuangan, ternyata juga tidak memepengaruhi return saham perusahaan tambang. Namun return perusahaan lebih ditentukan oleh nilai pasar yang ditunjukkan oleh seberapa besar laba untuk setiap lembar saham (EPS) yang dipegang investor. Semakin tinggi EPS, itu menunjukkan prospek perusahaan yang semakin bagus sehingga nantinya return saham perusahaan ke depan juga akan bagus.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.